TRADISI PASKAH DILIHAT DARI CIRI MAKANAN

Paskah juga banyak dinantikan anak-anak, karena akan ada banyak makanan manis dan acara menghias telur.

Sama seperti hari-hari besar lainnya, Paskah juga memiliki makanan khas tersendiri. Setiap negara memiliki makanan khas Paskah yang enak-enak. Beberapa di antaranya seperti di bawah ini:

1. Pashka – Rusia

tMakanan satu ini terbuat dari keju dan krim keju. Pashka menjadi makanan penutup yang sangat terkenal saat perayaan Paskah. Tumpukan keju ini sering dihias menggunakan buah kering dan ada tambahan huruf “XB”, yang berarti “Kristus Bangkit”.

2. Le gigot d’agneau Pascal – Prancis

Prancis memiliki resep spesial untuk merayakan Paskah, salah satunya masakan kaki domba atau lebih dikenal dengan nama Le Gigot d’Agneau Pascal.

Meski namanya sangat sulit, tetapi ternyata resepnya sederhana. Hanya dengan daging kaki domba, diberi bumbu rempah-rempah, kemudian dipanggang. Tinggal disajikan, deh!

3. Advocaat – Belanda

Bukan seperti makanan pada umumnya, advocaat justru lebih mirip eggnog. Makanan ini terbuat dari  telur, gula, dan brendi. Di Belanda, advocaat biasa disajikan saat Paskah. Mereka juga menikmati advocaat sebagai topping untuk waffle.

4. Capirotada – Meksiko


Pada masa pra Paskah, masakan ini disajikan pada hari Jumat Agung. Capirotada berupa puding roti, tetapi setiap negara memiliki variasi masing-masing. Biasanya terbuat dari bolillo atau roti mirip dengan baguette yang telah direndam dengan sirup dari gula, kayu manis, dan cengkeh.

Topping capirotada juga beragam, seperti kacang-kacangan, buah kering, dan meses. Bukan hanya sekadar makanan biasa, Capirotada juga memiliki makna di dalamnya.

SELAMAT HARI PASKAH SLB C PANTIASIH PAKEM